Selamat Datang di Blog Penangkaran Murai Batu RRBF

Para pembaca dan pecinta murai batu,

Selamat datang di Blog Penangkaran Kami.

Blog ini hanya sebagai sarana komunikasi bagi para pecinta burung Murai Batu yg pengin mengenal penangkaran kami, yang mungkin sebelumnya hanya mengenal RRBF dari blog lain, atau web lain yang tentu saja kurang bisa memberikan informasi yang lengkap dan kurang memuaskan Anda.

Saya harap dengan membaca blog ini, bisa membuat anda lebih mengenal penangkaran kami.

Selamat membaca.


Minggu, 13 Maret 2011

Lokasi & Pofile Kandang Penangkaran RRBF

Lokasi Penangkaran :


Jl Besuki no.6
Perumahan Gresik Kota Baru (GKB).
Kota Gresik
Jawa Timur.


Nomor Kontak Hp :  0811323272

Email Kontak        :  1.  didiks@mmc.co.jp
                                  2.  didiks_rrbf@yahoo.co.id



Profile Kandang Penangkaran

Kandang penangkaran RRBF tidaklah jauh berbeda dengan kandang-kandang penangkran murai batu pada umumnya. Ukuran kandang 1.5 m panjang x 1.75m lebar x 2.5m tinggi, dimana atap kandang 0.5 meter diatasnya. Untuk lebih jelasnya dibawah ini Foto kandang penangkarannya ;


Lingkungan kandang dibuat sealami mungkin biar indukan merasa aman dan nyaman. Total kandang ada 10 petak, sekat antar kandang terbuat dari batu bata putih, atap kandang terbuat dari ayaman bambu/sesek yang kemudian ditutup pakai plastik(biar air gak masuk) dan atas plastik di kasih ijuk(sebagai pelindung dari panasnya sinar matahari). Biar matahari bisa masuk atap kandang 1/3 bagian tidak ditutup pakai ijuk, seperti terlihat pada foto ke-2 samping bawah.

Kenapa pakai ijuk, karena ijuk selain tahan lama juga bisa lama menyimpan air sehingga tetap dingin jika dimusim kemarau.

Pada gambar disamping terlihat disetiap kandang ada 2 box sarang yg terpasang menggantung, tujuannya adalah biar si burung bebas memilih tempat dimana dia merasa aman bersarang. Dan kenyataanya memang sarang burung berpindah pindah tergantung selera mereka dan londisi lingkungan sekitarnya.
Tempat sarang klo bisa setinggi mungkin posisinya dan aman serta nyaman posisinya, sehingga burung akan kerasan dan suka menghuninya. Untuk design detail model Bok Sarang RRBF akan di bicarakan secara terpisah di pembahasan berikutnya kedepan.


Fasilitas lain didalam kandang adalah tempat makan. Tempat makan & minum tidak boleh bisa dicapai oleh semut sehingga aman baik jumlah maupun kebersihannya. Tempat jangkrik, kroto dan ulat didesign sedemikian rupa sehingga praktis dan tidak mengganggu keleluasaan gerak burung di kandang dan tidak membuat kesan kandang jadi sempit.

Pada gambar samping kanan bawah adalah tempat mandi burung. Tempat mandi bisa terbuat dr bahan apa saja yg penting mudah dijangkau dan mudah dibesihkan oleh kita dari luar. Jadi pada saat mengganti air mandi kita tidak perlu masuk kedalam kandang, cukup dari depan pintu saja.

Sebenarnya tempat mandi yg paling alami adalah yg terbuat dari tanah, cuman karena susah didapat dan bentuknya gak ada yang sesuai dgn design kita maka dari plastik pun cukup.

Tanaman Pohon gunanya adalah untuk menambah suasana ruang lebih alami dan sejuk akan tetapi ini sifatnya gak wajib tergantung situasi dan kondisi.

Lantai kandang juga bisa bervariasi, bisa sebagian dari tanah, sebagian dari pasir dan sebagian pakai batu bata merah tergantung selera masing2 peternak. Yang penting adalah lantai dibuat sehingga mudah dibersihkan, burung bisa nyaman dan tenangh didalamnya. Untuk gambar disamping lantai sengaja saya design ada kerikil, ada pasir ada tanah tempat tumbuh pohon dan sebagian batu bata merah yang saya buat semi permanen dengan tujuan gampang dibersihkan dan tetep alami.


Fasilitas kandang yang lain yaang gak kalah pentingnya adalah tangkringan. Penempatan tangkringan sangatlah penting mengingat tangkringan adalah tempat bertengger burung ketika burung berjemur, burung beristirahat/tidur dan tempat burung jantan memantau betinanya ketika bertelur/ngeram dan tempat bertengger anakan ketika sikecil keluar sarang. Oleh karena itu penempatan tangkringan harus bisa memenuhi semua kebutuhan diatas.

Selain penempatan tangkringan, ukuran kayu tangkringan juga perlu diperhatikan karena ukuran kayu tangkringan sangatlah  berpengaruh pada kenyamanan dan performance burung didalam kandang.

Demikianlah sedikit cerita singkat mengenai model kandang RRBF, yang baik monggo silahkan ditiru yang kurang baik tolong dikoreksi dan ditunggu masukannya dari para pembaca dan para breeder yg lain.